Geopolitik Energi

November 14, 2008

Harga Minyak Tinggi Telah Usai?

Filed under: minyak,Oil — merdeka1978 @ 1:06 pm
Tags: , , , , ,

Harga minyak saat ini (bulan ini) sebenarnya sedikit aneh. Harga minyak dunia yang sejak tahun 2001 cenderung naik dashyat dan sempat heboh mencapai di atas USD 100 per barrel pada tahun 2008, malah pada saat ini turun dan sempat menjadi USD 94 per barrel.

Memang terhampar banyak jawaban; mulai faktor geopolitik hingga hitungan ekonomi. Para ekonom dunia melihat dari sisi tingkat konsumsi minyak masyarakat Amerika Serikat yang cenderung turun, dikarenakan krisis kredit yang melanda Amerika Serikat. Pengetatan keuangan perusahaan Amerika, dan ancaman dan realisasi PHK menghantui dan melanda jutaan warga Amerika. Akhirnya, warga Amerika pun diet konsumsi bahan bakar. Seperti diketahui, konsumsi minyak Amerika Serikat tertinggi di dunia, terutama untuk sektor transportasinya. Nah dengan adanya ”diet” warga Amerika, para ekonom dunia nyatakan konsumsi minyak pun melemah, dan berakibat harga minyak dunia pun melorot. Pedagang komoditas juga beralasan menunggu rencana bailout dari pemerintah AS yang sedang disetujui Senat, yang berakibat harga perdagangan komoditas minyak pun melemah.

Tapi, ini tetap membuat kita heran. Apalagi di dunia saat ini, sebagian penduduk muslim di dunia sedang rayakan idul fitri. Budaya mudik di beberapa negara seperti negara-negara melayu, India, dan Pakistan masih kental. Konsumsi minyak pun mau tak mau seharusnya juga ikut naik. Tapi, tetap saja tidak banyak berpengaruh ke harga minyak dunia. Biasanya nehhhh naik; itu kebiasaan dari tahun ke tahun.

Penasaran kita ini bukan berarti kita berharap harga minyak dunia naik lagi (walau akan naik lagi…entah kapan). Banyak pihak yang memperoleh keuntungan dengan harga minyak dunia yang sedang turun, seperti negara pengimpor (seperti Indonesia yang mungkin rasa pusingnya sedikit berkurang) dan perusahaan minyak itu sendiri / oil company. Lho kok oil company juga? Dengan harga minyak dunia yang turun, ongkos yang dikeluarkan mereka untuk eksplorasi dan eksploitasi juga akan tereduksi. Selama ini oil company, walau tetap untung, tetap terbebani biaya-biaya peralatan yang cenderung naik; seperti sewa rig pengeboran yang berebutan antar oil company.

Yang jelas, salah satu hipotesis penyebab harga minyak dunia turun adalah adalah SPR. Strategic Petroleum Reserve (SPR) milik AS per 2 Oktober 2008 telah menghimpun sekitar 702 juta barrel! Cukup untuk 2-3 bulan konsumsi. Betapa bodohnya kita ketika baru mengetahui hal ini. Ini jelas merupakan cadangan teraman yang mereka miliki. AS berencana mengisi SPR mereka hingga 1 Miliar barrel, walau Presiden Bush punya impian hanya sebatas 700 juta barrel saja. AS mengisi SPR ini melalui produksi domestic (Royalty In Kind) maupun impor.

Dengan cadangan sebesar ini, secara logika sangat dasar, krisis ekonomi yang sedang berlangsung di Paman Sam diduga hanya sementara. Hitungan sementara bisa 1-2 tahun. Walau prosedur pengeluaran cadangan yang rumit berdasar persetujuan Departemen Energi AS (DOE), cadangan dapat dikeluarkan setiap saat. Salah satu kandidat Presiden AS Barrack Obama sempat mendesak agar 70 juta barrel dikeluarkan dari SPR untuk mengatasi harga BBM yang dirasakan tinggi oleh warga AS dan yang mempertinggi inflasi.

Yang jelas, secara analogi, krisis ekonomi Amerika saat ini hanya mengerem sementara konsumsi energi masyarakat AS, untuk dapat mengisi SPR memenuhi target waktu. Sebagai informasi, diharapkan pada tahun 2025, SPR milik AS dapat beroperasi secara optimal.

SPR bukan hanya dimiliki oleh AS. SPR juga dimiliki oleh negara-negara maju lainnya. Tapi, yang paling berpengaruh terhadap dunia, selain AS, adalah China dan India . Pada tahun 2004, China mulai membangun SPR yang diharapkan mampung menampung 100 juta barrel, yang dapat sebagai cadangan selama 1 bulan. Target untuk memenuhi SPR ini diharapkan terpenuhi pada tahun 2009. Secara jangka panjang, China menargetkan mengembangkan SPR yang dapat menampung 400 juta barrel, sebagai cadangan strategis selama 3 bulan.

China merupakan negara dengan konsumsi minyak terbesar kedua setelah AS, dikarenakan pertumbuhan ekonominya yang meroket dan membutuhkan pasokan energi yang tak sedikit. Istilah orang: the red capitalist. Sebesar 40 persen pasokan minyaknya berasal impor, terutama dari Timur Tengah, Afrika, dan Rusia.

Selain China , India memiliki SPR sebesar 40 juta barrel. Cukup untuk kebutuhan konsumsi 2 minggu. Selama ini, 70 persen pasokan minyak India berasal dari impor. Selain China dan India , Rusia juga berencana membangun dan mengisi SPR sebesar 78 juta barrel. ( Indonesia  ? cadangan mungkin hitungan minggu doang…kasian)

Akan Naik Terus

Setelah Senat AS setuju rencana bailout krisis kredit di AS, ini jelas mengamankan posisi SPR milik AS saat ini dan akan terus ditambah isinya. Dan hal ini membuat rencana pengeboran di wilayah Alaska terus digodok, dan rencana intelijen AS untuk masuk ke wilayah Asia Tengah dan Selatan, serta eks negara Uni Sovyet akan dilanjutkan (walau “sedikit gagal” terhadap Georgia).

Dengan tetap mengisi SPR dan AS sebagai negara konsumen terbesar minyak dunia, tentu akan tetap mempengaruhi harga minyak dunia. Negara produsen, hingga broker pasar komoditi tentu akan berlomba bermain.

Belum pula ditambah negara-negara pintar seperti China dan Rusia berlomba tetap berusaha mengisi SPR-nya ( Indonesia termasuk negara pintar gak ya?) akan menambah dinamika kenaikan harga minyak dunia. Sempat terdapat asumsi, pengisian SPR di beberapa negara ini relevan dengan naiknya harga minyak dunia, dikarenakan tidak sesuai dengan konsumsi sebenarnya (dalam istilah ekonomi).

Harga minyak dunia akan naik terus, karena belum lagi ditambah ketegangan geopolitik energi di dunia, seperti di Nigeria , Iran , dan Venezuela .

Jadi, jangan khawatir, harga minyak dunia akan naik lagi kok…harga emas turun? Tenang…entar naik lagi kok….

Indonesia siap gak? Tau ah gelap!

U.S. STRATEGIC PETROLEUM RESERVE INVENTORY

CURRENT SPR INVENTORY AS OF  October 02, 2008

SWEET

SOUR

TOTAL

279.8 million bbls

422.4 million bbls

*

702.2

SPR OIL MOVEMENTS in Millions of Barrels

MONTH

EXCHANGE BARRELS

DRAWDOWN BARRELS

NET MOVEMENT

Feb-08

0.5

0.5

Mar-08

1.6

1.6

Apr-08

1.1

1.1

May-08

2.8

2.8

Jun-08

1.7

1.7

Jul-08

1.3

1.3

Aug-08

0.0

0.0

Sep-08

(4.80)

**

(4.80)

Oct-08

0.0

0.0

Nov-08

0.0

0.0

Dec-08

0.0

0.0

Jan-09

2.02

***

2.0

Feb-09

1.03

***

1.0

Mar-09

1.52

****

1.5

Apr-09

1.20

****

1.2

May-09

1.20

*****

1.2

(  ) = Barrels released from SPR

*        Totals may change due to rounding

**      Hurricane Gustav Exchange barrels

***     Hurricane Gustav Exchange barrels scheduled return (includes premium volumes)

*****   RIK Phase IVb deferred deliveries (includes premium volumes)

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: