Geopolitik Energi

September 8, 2007

ORANG GILA DI ACARA APEC!! (new!)

Filed under: Uncategorized — merdeka1978 @ 9:49 pm
Tags: , , , ,
Sabtu, 08 September 2007
 
 
 

“Pesta” ASEAN di Texas
Lidah Bush Terpeleset, APEC Disebutnya OPEC

 

Sydney, Jumat – Presiden AS George W Bush, Jumat (7/9), mengundang pemimpin ASEAN ke Crawford, Texas, tempat peristirahatan Bush. Di sana, Bush menjamu pemimpin ASEAN untuk merayakan 40 tahun berdirinya ASEAN. Kemungkinan besar pemimpin Myanmar Than Swe tidak dikehendaki kehadirannya.

Dua hari lalu Bush mengecam junta militer Myanmar sebagai pemimpin yang tidak bisa dimaafkan karena tindakan brutal terhadap warga Myanmar. Bush menyampaikan undangan itu kepada tujuh pemimpin ASEAN saat makan siang di Sydney.

Presiden Filipina Gloria Macapagal-Arroyo turut hadir pada acara makan siang itu. Perayaan di Texas itu dilakukan karena Bush tidak jadi hadir di Singapura, yang sempat direncanakan, untuk merayakan 40 tahun ASEAN sebagai pertanda kedekatan hubungan AS dengan ASEAN.

“Dia (Bush) mengundang kita ke Texas,” kata Arroyo. “Kita akan memenuhi undang itu demi kenyamanan ASEAN,” kata Arroyo, yang tidak menjelaskan apa yang ia maksudkan sebagai kenyamanan ASEAN itu.

Perayaan 40 tahun ASEAN pada 8 Agustus lalu dilakukan di Jakarta. Sepanjang kunjungan Bush ke Indonesia, ia selalu pulang hari dan tidak menginap. Anggota ASEAN yang juga menjadi anggota APEC adalah Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam. Kamboja, Laos, dan Myanmar bukan anggota APEC.

 

Koreksi pernyataan

Bush benar-benar tidak sedang menghadapi hari-hari yang baik di Sydney. Para aktivis, misalnya, sangat mempermalukan Bush dengan aksi-aksi mereka yang tidak senonoh, terlihat dari sebagian aksi mereka yang membelakangi kamera dan membuka celana, sementara di depan mereka ada foto bush dengan tulisan, “Bush adalah penjahat perang”.

Di dalam ruangan, Bush pun ketiban apes. “Terima kasih kepada Anda telah menjadi tuan rumah yang baik untuk pertemuan OPEC,” kata Bush kepada Perdana Menteri Australia John Howard. Padahal ia sedang berbicara di hadapan para pebisnis APEC.

Bush mengoreksi OPEC (Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak) menjadi APEC. Namun, saat menyampaikan koreksi itu, ia salah lagi. Bush menambahkan bahwa ia teringat OPEC karena PM Howard juga telah mengundangnya menghadiri pertemuan OPEC tahun depan. Padahal, baik AS maupun Australia bukanlah anggota OPEC, jadi tak mungkin Australia mengundang AS ke pertemuan OPEC.

Bush pun salah lagi. Ia mengatakan terima kasih kepada PM Howard yang tahun lalu berada di Irak untuk mengunjungi tentara Austria. Padahal, yang dikunjungi PM Howard adalah tentara Australia yang sedang bertugas di Irak.

 

“Tegang” dengan Roh

Bush juga bertemu dengan Presiden Korea Selatan Roh Moo-hyun. Bush mengatakan, AS hanya bisa mengakhiri Perang Korea jika Korea Utara mengakhiri program senjata nuklir.

Roh mendesak Bush untuk bersikap lebih jelas soal status resmi dari berakhirnya Perang Korea (1950-1953). “Saya mungkin salah. Saya kira saya tidak mendengar Presiden Bush menyebutkan deklarasi soal berakhirnya Perang Korea. Apakah Anda berkata demikian, Presiden Bush?” tanya Presiden Roh.

Bush menjawab. “Tuan Presiden, saya tidak bisa membuatnya untuk lebih jelas lagi. Kita masih harus melihat kapan akhir dari Perang Korea. Itu akan terjadi jika Kim Jong Il (pemimpin Korea Utara) mengakhiri program senjata nuklir,” kata Bush. (REUTERS/AP/AFP/MON)

http://www.kompas.com/kompas-cetak/0709/08/ln/3820394.htm

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: